May 05 2015

Cara Update Sebagian Isi Field Database MySQL

Published by admin at 11:09 am under Tutorial

Apakah anda pernah menemui kasus seperti yang pernah saya alami? Ingin mengupdate suatu field database namun hanya sebagian isi fieldnya saja, contohnya seperti anda ingin menghilangkan beberapa kata dari suatu field artikel, misalnya seperti mengganti alamat situs yang ada dalam suatu field artikel. Dalam field artikel pastinya terdiri dari banyak sekali kata dan kalimat di dalamnya. Misalnya dalam field artikel tersebut terdapat isi serperti ini, “Tutorial Photoshop Silahkan kunjungihttp://www.ilmuwebsite.com/photoshop/“. Dan kita hanya menginginkan untuk mengganti kataPhotoshop Menjadi PHP, disinilah REPLACE memainkan perannya.

Query “update table set field = new where fieldx = criteria” digunakan untuk merubah keseluruhan isi field, ingat mengubah keseluruhan isi field, dalam kasus nyata, misalkan kita ingin merubah field alamat dari bogor menjadi jawa barat, artinya kita mengubah keseluruhan isi field alamat.

Dengan syntax replace yang disediakan oleh mysql secara default, kita bisa mengganti sebagian isi field dengan mudah, bahkan sangat mudah sekali.

Penggunaan replace adalah seperti ini :
UPDATE table SET field = REPLACE(field, “sebagian isi lama”, “sebagian isi yang baru”);

contohnya misalkan kita ingin mengganti alamat website dari field post_content dalam database table wordpress_post

UPDATE wp_posts SET post_content = REPLACE(post_content, “http://www.google.com/”,“http://www.ilmuwebsite.com”);

hasilnya nanti adalah, semua artikel yang memiliki alamat website http://www.google.com/ akan menjadi http://www.ilmuwebsite.com. Mudah bukan? Selamat mencoba.

kalo masih tidka bisa ganti petik dua (”) menjadi petik satu (’)

Saduran dari http://www.ilmuwebsite.com/cara-update-sebagian-isi-field-mysql

Baca juga artikel yang lain berikut ini:

Trackback URI | Comments RSS

Leave a Reply