Sep 08 2009

Membuat Script Scheduler di Mikrotik

Published by kusuma at 4:01 pm under Mikrotik

Wah pertama sih agak bingung ….soale dulu script ni cman taunya buat scheduler bandwith management eh setelah searching2 dapet deh caranya buat script scheduler selain buat limit bandwith…..caranya yah….

misalkan disini aku mo buat scheduler untuk me refresh counter uptime limit di user hotspot…..jadi critanya user hotspot area di salah satu tempat gua (critanya lokasi areanya buanyak gitu deh)….
itu di uptime limit seharinya itu cman dikasih free charge 1 jam only…..ini buat mengantisipasi yang ngantri ngantri gitu deh……hehehehee….oke langkah pertama ya…

1.  Aplikasi hotspot di mikrotik udah berjalan normal….
2. Membuat user di hotspotnya kemudian di set pada limit usernya lebih tepatnya di uptime limit misal 1 jam gitu ya
3. langsung aja setalh selesai diatas kemudian masuk ke system —> script, ada tombol Plus warna merah diklik aja….untuk namanya terserah tapi disini tak tulisi refreshcounter. Di kolom source nya itu ditulis script ketika kita menjalankan nya lewat new terminal, sebagai contoh misal untuk shutdown kita ketik, /system shutdown  nah dalam contoh ini kebetulan perintahnya /ip hotspot user reset-counters, ditulis aja di box source lengkap heheheeee….di ok dah

4. langkah terakhir masuk ke system scheduler, ada tombol plus merah seperti diatas diklik aja pada name terserah ditulis aja sebagai tenger,….dalam hal ini aku tak tulisi refresh pagi, nah pada klom on event ditulis name pada script yang kita buat diatas,….kan tadi tak namai refreshcounter jadi ya ditulis itu.  nah untuk kolom star date itu tanggal mulainya scheduler dibawahnya ada jam dimulainya scheduler ini trus di kolom interval itu,…..dalam interval berapa script ini bakalan berjalan lagi,…contoh aja misal di kolom waktu kita tulis 06:00:00 berarti jalan pada pukul 6 pagi terus intervalnya ditulis 1d 00:00:00 artinya tiap satu hari sekali pada jam enam schedule untuk menjalankan script akan di exsekusi…gitu deh…..

Met nyoiba ya bro…sukses…ada complain kirim ke coment oke…..moga bermanfaat

Baca juga artikel yang lain berikut ini:

Comments are closed at this time.